5 Penyebab Haid Tidak Lancar di Usia Produktif

penyebab haid tidak lancar

BuletinYogya.com – Ada beberapa penyebab haid tidak lancar bagi wanita di usia produktif. Pastinya, keadaan tersebut membuat panik dan rasa khawatir yang meningkat hingga stress. Padahal, ada beberapa penyebab dari menstruasi datang secara tidak menentu. Pahami 5 penyebab menstruasi pada wanita di usia produktif untuk kehidupan yang lebih sehat.

5 Penyebab Haid Tidak Lancar bagi Remaja

Penyebab haid tidak lancar menjadi salah satu kekhawatiran remaja maupun orang tua untuk segera mengatasi. Sebab, hal ini menjadi salah satu tanda bahwa kehidupan wanita perlu diperhatikan untuk kesehatannya sendiri. Ada 5 penyebab menstruasi tidak lancar agar wanita bisa memahami dan menghubungi dokter jika keadaan semakin parah.

  1. Pola hidup

Pola hidup bisa menjadi salah satu alasan penyebab haid tidak lancar, terutama bagi remaja. Saat ini, pengaruh makanan cepat saji atau pola tidur yang tidak sesuai bisa membuat haid tidak lancar. Terlebih jika wanita melakukan diet ketat atau mengalami obesitas yang bisa menjadi salah satu alasan keadaan tersebut muncul.

Pola hidup yang tidak sehat bisa membuat stress muncul dan semakin parah. Akibatnya, hormon terganggu dan menyebabkan haid tidak lancar. Cobalah melakukan hidup sehat dengan tidur cukup, mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, serta berolahraga dengan rutin. Pastikan stress tidak mengganggu kehidupan dan kesehatan remaja.

  1. Amenorrhea

Amenorrhea bisa terjadi pada perempuan yang ditandai dengan tidak menstruasi di suatu periode. Sehingga bisa mengganggu kesehatan dari organ reproduksi wanita yang harus diperhatikan.

Ada dua jenis Amenorrhea, yaitu primer dan sekunder. Perbedaannya terletak pada primer adalah kondisi wanita yang tidak haid saat usia melebihi 16 tahun. Sedangkan sekunder, siklus haid yang tidak teratur dan biasanya menstruasi terjadi 3-6 bulan sekali.

Jika hal ini sempat dialami wanita produktif maupun remaja, pastikan konsultasi kepada dokter. Tujuannya, agar mendapat penanganan yang tepat.

  1. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

PCOS saat ini sedang banyak dijadikan pembelajaran bagi wanita untuk lebih mementingkan kesehatan organ reproduksi sejak dini. Penyakit ini ditandai dengan siklus haid yang sering terlambat sehingga ada kelainan hormon dan metabolisme tubuh yang terganggu. Hal itu membuat terganggungnya indung telur pada wanita.

Dalam mengetahui apakah wanita mengidap PCOS perlu adanya beberapa diagnosa dan proses agar penanganannya cepat. Sehingga, pastikan melakukan konsultasi kepada dokter untuk hal ini agar lebih maksimal dalam pengobatan.

  1. Alat kontrasepsi

Alat kontrasepsi mungkin saja digunakan wanita produktif yang sudah menikah. Penggunaan alat kontrasepsi bisa menjadi penyebab menstruasi tidak teratur dan perubahan flek yang datang.

Pastikan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk penggunaan alat kontrasepsi. Sehingga bisa mengetahui dampak dan kelebihan dari penggunaannya.

  1. Kista

Kista adalah penyakit yang mungkin ditakuti banyak wanita dan harus menjadi perhatian khusus dalam organ reproduksi. Jika penyakit ini sudah datang, siklus haid akan berubah dan tidak lancar. Selain itu, kista yang bisa dikategorikan sebagai tumor jinak ini memiliki gejala, seperti nyeri saat menstruasi hingga mengganggu.

Selain kista, penyebab haid tidak muncul yang juga berbahaya adalah timbulnya kanker rahim. Gejalanya berupa menstruasi yang tidak normal dan pendarahan. Tetapi, penyakit ini bukan hanya ditimbulkan karena haid tidak lancar, banyak penyebab lainnya yang harus diperiksa.

5 penyebab haid tidak lancar harus diketahui dan diperiksakan ke doctor untuk penanganan yang tepat. Sehingga tidak menjadi penyakit berbahaya kedepannya. Ubahlah pola hidup yang sehat agar hormon lebih lancar.

Share:

Related Post

Leave a Comment